Kota Ramah Muslim di Jepang

Kota Ramah Muslim di Jepang

Kota Ramah Muslim di Jepang

Mendekati pagelaran Olimpiade 2020, Jepang berbenah tiada henti. Baik dari segi infrastruktur maupun sistem transportasi, semua telah disiapkan secara matang untuk mengakomodasi penikmat olahraga dan para atlet dari seluruh dunia.

Tak hanya para penikmat olaharga saja yang turut merasakan manfaat dari Olimpiade 2020, tetapi juga wisatawan muslim. Kok bisa? Sebab, kota ramah muslim di Jepang jumlahnya turut meningkat. Artinya, kini eksistensi muslim traveler semakin diperhitungkan!

Jumlah muslim traveler yang berlibur ke Jepang jumlahnya memang meningkat secara meyakinkan dari tahun ke tahun. Untuk semakin memikat muslim traveler, pemerintah beserta pihak pengelola swasta pun menyulap kota mereka menjadi lebih muslim-friendly.

Penginapan, restoran halal, dan ruang ibadah (musala dan masjid) cukup mudah ditemukan di 10 kota ramah muslim di bawah ini. Bahkan, kamu juga bisa mengunduh peta wisata muslim di tiap kota, lho. Yuk, langsung saja berikut ini ulasan selengkapnya!

10. Taito (Asakusa, Ueno, Yanaka)

Asakusa, Ueno, dan Yanaka adalah tiga tempat wisata favorit di Tokyo yang tak pernah sepi wisatawan. Karena menjadi spot langganan para turis, fasilitas muslim-friendly pun mudah saja untuk ditemukan di sini. Bayangkan, kamu bisa menemukan 21 restoran halal di tiga kawasan ini. Kalau mau, kamu juga bisa membeli suvenir ramah muslim untuk keluarga di Indonesia.

Selama wisata kuliner, kamu juga bisa mendatangi spot wisata popular seperti, Kaminarimon Gate, Imado Shrine, Ueno Zoo, Ameyoko Shopping Street, Yanaka Ginza, Kappabashi Kitchenware Town, dan masih banyak lagi. Acara jalan-jalanmu dijamin lebih praktis karena lokasinya saling berdekatan.

9. Kyoto

Total terdapat 23 restoran halal dengan berbagai konsep yang bisa kamu temukan di Kyoto. Selain restoran vegan, ada juga restoran wagyu, masakan India dan Turki, hingga ramen. Beberapa rekomendasi restoran halal di Kyoto yaitu Naritaya Halal Yakiniku, Indian Restaurant RAJU, Ayam-YA. Jika kamu ingin mencoba berbagai jenis makanan halal, Kyoto adalah pilihan tepat. Di antara beberapa restoran halal ini, ada juga restoran yang menjajakan makanan Indonesia yaitu Sama sama. Restoran ini berada di area Kamiosakacho Nakagyo-ku, Kyoto.

8. Osaka

Bersama-sama dengan Tokyo dan Kyoto, Osaka adalah kota perintis muslim-friendly city di Jepang. Kota yang tak pernah tidur ini punya segala hal yang muslim traveler butuhkan. Kota ini punya 6 prayer rooms, 2 masjid, 27 restoran ramah muslim, hingga muslim-friendly nail course di Silis Nail Salon, lho. Dua masjid besar di Osaka yaitu Osaka Masjid dan Osaka Ibaraki Masjid.

Tak hanya Japanese food, kamu bisa menemukan makanan Turki, Indian, Malaysia, dan tentu saja makanan Indonesia. Ada satu kafe Indonesia bernama “Café BINTANG” di Toyosaki untuk kamu yang kangen berat dengan makanan Indonesia.

7. Sano (Tochigi)

Street food halal menjadi daya pikat utama dari Kota Sano! Kota yang terkenal dengan ramen ini punya sisi lain yang jarang diketahui wisatawan asing. Usut punya usut, Kota Sano adalah muslim-friendly city yang mulai dilirik muslim traveler. Setelah menginjakkan kaki di Stasiun Sano, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Masjid Sano yang jaraknya hanya 10 menit dengan jalan kaki.

Berbekal dengan Sano City Map di tangan, kamu bisa wisata kuliner dan mencicipi aneka Japanese food halal yang menggoyang lidah. Pilihan Japanese food yang bisa kamu coba yaitu teppan-yaki, ramen, washoku, gyoza! Bisa juga nyobain Japanese sweets di toko Miso Manju Araiya.

6. Kobe (Hyogo)

Ada dua aktivitas menarik yang mesti kamu coba saat berkunjung ke Kobe! Pertama, kamu harus mengunjungi Masjid Kobe yang dibangun pada tahun 1928 silam. Menarik untuk dicatat, bangunan Masjid Kobe adalah salah satu bangunan yang selamat dari pengeboman pada Perang Dunia II. Saat banyak bangun hancur lebur, masjid ini masih berdiri dengan gagahnya. Makanya, ekstistensi Masjid Kobe memiliki makna tersendiri dalam catatan sejarah bangsa Jepang.

Kedua, kamu harus nyobain local food yang jadi favorit orang Jepang yaitu Kobe Beef. Kobe Beef dikenal memiliki kualitas kelas atas dengan rasa yang menjanjikan. Restoran rekomendasi yang bisa kamu datangi adalah The Originator of Teppanyaki Steak Misono Kobe Main Store. Restoran ini sudah buka sejak akhir PD II, lho. Ini adalah momen yang tepat untuk mencicipi wagyu terbaik di dunia.

5. Kawagoe (Saitama)

Meski jaraknya hanya 30 menit dengan naik kereta, Kawagoe memiliki atmosfer yang benar-benar berbeda dari Tokyo. Jika Tokyo identik dengan kota metropolitan yang sibuk dan padat, sementara itu Kawagoe memiliki atmosfer Jepang tempo dulu yang sedikit lebih santai. Kamu bisa mengunjungi kuil dan bangunan yang menjadi peninggalan sejarah Jepang.

Agar kamu bisa benar-benar merasakan atmosfer tempo dulu di Kawagoe, ada baiknya untuk menyewa yukata. Setelah memakai yukata, kamu bisa berburu foto di antara rumah-rumah tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Oh iya, di tengah-tengah Kawagoe, terdapat restoran soba halal bernama Kotobukian Kuranomachi. Restoran yang memasang harga sekitar 1,000 hingga 2,000 yen ini sangat popular di antara wisatawan lokal. So, siap-siap untuk ikutan antre ya.

4. Asahikawa (Hokkaido)

Asahikawa memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi kota ramah muslim di Jepang yang berfokus pada makanan halal. Sembari mengunjungi spot wisata favorit seperti Asahiyama Zoo, Clark Horse Garden atau pun Asahikawa Winter Festival, kamu bisa mencicipi Japanese food dengan berbagai varian.

Keistimewaan dari muslim-friendly food di Asahikawa yaitu semua makanannya memakai bahan-bahan lokal. Saat ke Asahikawa, pastikan untuk mencoba Morisoba di restoran halal Soba Yukiya. Tanpa mengurangi cita rasanya, soba di resto ini disajikan secara sederhana. Selain soal rasa, soba ini juga dipatok dengan harga yang terjangkau yaitu 700 yen.

3. Chiba

Toko suvenir halal dan restoran kare halal bisa kamu jumpai di Chiba. Chiba kian dilirik wisatawan lokal dan mancanegara karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan Tokyo, tak terkecuali muslim traveler. Fasilitas ramah muslim pun terus bertambah di kota yang bisa diakses dengan naik kereta selama 40 menit dari Tokyo ini. Sisi paling menarik dari kota ini adalah adanya 12 Muslimah Beauty Salon untuk kamu yang ingin mencoba salon di Jepang.

Beberapa salon yang bisa kamu datangi yaitu Hair Make up Upepo, Beauty Salon Ariel, Hair and Make Up Link, UNIX, dan lainnya. Salon ini dilengkapi dengan prayer room, memakai shampoo bebas binatang dan alkohol, serta terdapat staf perempuan. Kamu yang berhijab nggak lagi sungkan untuk potong rambut atau perawatan lainnya karena akan dilayani oleh staf perempuan.

2. Hiroshima

Ada satu oleh-oleh khas Miyajima yang kini sudah memiliki versi halalnya lho! Jika kamu berkunjung ke Miyajima, pasti akan menemukan kue dengan bentuk daun maple atau momiji-manju. Nah, kini oleh-oleh khas Miyajima ini sudah ada versi halalnya, lho! Hampir semua toko makanan di kawasan ini menjual Momiji-manju dengan isian pasta kacang dengan rasa yang manis. Lalu, bagaimana jika kamu nggak terlalu suka makanan manis? Bisa membeli senbei bersertifikat halal yaitu Shakushi-senbei.

Selain snack halal, Hiroshima juga memiliki banyak fasilitas ramah muslim lain yang cukup lengkap. Kamu bisa belanja aneka produk halal untuk kebutuhan sehari-hari di Hiroshima Halal Food dan Halal Shop Ali. Untuk tempat ibadah, silakan datang ke Hiroshima City Mushalla dan Hiroshima Islamic Cultural Center.

1. Beppu (Oita)

Beppu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk muslim traveler yang tengah berlibur ke kota ini. Kota yang juga disebut sebagai onsen city ini memang memiliki segudang spot wisata menarik yang harus kamu masukan dalam bucket list!

Tak perlu malu untuk berendam dengan orang lain, kamu bisa berendam di private onsen. Ada tiga rekomendasi private onsen yang bisa kamu pilih yaitu Hyotan Onsen, Beppu Onishii no Yu, dan Beppu Nogamihonkan.

Selain onsen, kamu bisa juga menginap di guesthouse atau muslim-friendly hotel yang dilengkapi dengan private onsen, lho. Seperti Hotel Seikaiso dan Hotel Beppu Pastoral. Dengan begini, kamu tidak perlu keluar hotel untuk mencoba Japanese onsen. Jika kamu menginap di Hotel Beppu Pastoral, bisa memesan makanan halal dari restoran yang bekerja sama dengan hotel ini.

Tokyo Mt. Fuji 6 Hari 5 Malam

Tokyo Mt. Fuji 6 Hari 5 Malam

Tokyo Mt. Fuji 6 Hari 5 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno …

0 comments
Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments

Related Posts

WhatsApp Support
Start a Conversation
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik salah satu konsultan di bawah ini.