Wisata Umat Muslim di Tokyo 2

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Wisata Umat Muslim di Tokyo 2

Meskipun jumlah wisatawan muslim yang datang meningkat, fasilitas yang ramah umah muslim di Jepang masih belum dapat dikatakan cukup. Kali ini kami akan memberikan informasi bagi para wisatawan muslim.

1. Makanan Halal

Hal yang menjadi salah satu perhatian oleh para wisatawan muslim saat pergi ke luar negeri adalah keadaan kuliner di negara tersebut. Umat muslim diharuskan mengonsumsi makanan halal sesuai dengan ajaran Islam.

Akan tetapi, mencari makanan halal ketika berada di negara dengan jumlah penduduk muslimnya sedikit tentunya tidak mudah. Beberapa tahun belakangan ini, mulai bermunculan restoran di Jepang yang telah memiliki sertifikasi halal.

2. Restoran Halal

Beberapa hal yang wajib diwaspadai wisatawan muslim di Jepang saat mencari makanan halal adalah istilah-istilah, seperti Minyak Babi (豚油 : Ton’yu), Alcohol (アルコール : Arukooru), Sake dan Mirin (酒、みりん), daging babi (豚肉 : Buta Niku) dan lainnya. Di Tokyo, jumlah kedai atau restoran yang menggunakan bahan makanan, cara memasak, dan peralatan yang sesuai ajaran Islam semakin bertambah.

Sekarang juga mulai hadir kedai sushi dan yakiniku yang sama sekali tidak menyediakan daging babi dan alkohol. Di beberapa restoran halal di Jepang Anda mungkin akan menjumpai istilah halal atau penyebutan dalam bahasa Jepang “ハラール”, yang dibaca “haraaru”. Selain itu, bandara Narita pun kini telah menyediakan layanan Halal Catering Services bagi tamu yang menggunakan rental longue dan sudah melakukan reservasi terlebih.

3. Tur Bagi Wisatawan Muslim

Apabila Anda ikut paket Moslem Tour ke Jepang yang diadakan oleh NOI Holiday, Anda bisa berwisata dengan nyaman di tempat-tempat wisata terkenal seperti Asakusa, Shibuya, Harajuku, dan lain-lain.

Anda bisa menikmati makanan Jepang dengan standar halal dan mendatangi masjid terbesar di Jepang. Tentu saja pihak penyelenggara tur juga menyediakan waktu untuk Anda beribadah sehingga Anda bisa berwisata dengan nyaman dan puas.

4. Penginapan Bagi Wisatawan Muslim

Tidak hanya restoran, di Jepang juga tersedia fasilitas penginapan dengan sistem muslim friendly (ramah umat muslim). Di penginapan Sakura Hotel Hatagaya tersedia ruang ibadah, kafe yang menyediakan menu halal, dan fasilitas-fasilitas lain. Penginapan ini terletak di daerah yang mudah dijangkau, yaitu sekitar 2 stasiun dari Shinjuku, Tokyo.

Selain itu, pihak hotel juga menyediakan beragam kegiatan yang dapat diikuti tidak hanya oleh wisatawan muslim. Kegiatan yang bisa Anda ikuti adalah “Nihon Bunka Taiken Tour” (tur kegiatan budaya Jepang), Ohanami Tour (tur melihat bunga sakura), Origami no Workshop (workshopseni melipat kertas), dan lain-lain.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentu bisa menambah kenangan saat Anda berwisata, bukan? Selain itu, hotel ini juga nyaman bagi Anda yang berencana untuk menginap dalam jangka waktu yang cukup lama karena tersedia mesin cuci dan perlengkapan lainnya bagi para tamu.

5. Oleh-Oleh Bagi Wisatawan Muslim

Jumlah toko yang menyediakan barang oleh-oleh, khususnya yang berstandar halal, mulai bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan dari negara-negara muslim. Pada tahun 2015 lalu,Don Quijote yang berada di Asakusa, wilayah yang terkenal sebagai tempat berbelanja di Tokyo, membuka pojok penjualan oleh-oleh bagi wisatawan muslim yang berada di lantai 2.

Kami merekomendasikan beberapa produk oleh-oleh yang bisa Anda beli di sini, seperti gaufrette (waffle) rasa matcha bersertifikasi halal, samurai ramen yang tidak menggunakan bahan hewani, teh Jepang yang dikemas dalam tea bag, dan lain-lain.

Selain produk makanan, di toko Don Quijote Asakusa juga tersedia suvenir untuk oleh-oleh lain, seperti gantungan kunci dengan bentuk replika makanan, aksesoris berbentuk karakter anime, serta peralatan masak seperti sumpit dan pisau. Berbagai macam barang tersebut dapat Anda temukan di dalam satu tempat. Toko ini juga menyediakan konter barang bebas pajak dan Wi-Fi gratis yang menguntungkan bagi wisatawan.

6. Masjid di Tokyo

Di seluruh Jepang, terdapat sekitar 80 tempat ibadah umat muslim atau masjid baik berukuran besar maupun kecil. Terlebih lagi, di Yoyogi-uehara, Tokyo terdapat masjid terindah di Asia, yaitu Tokyo Camii & Turkish Culture Center.

Masjid ini menjadi tempat yang sangat bernilai untuk dikunjungi baik oleh wisatawan muslim maupun non-muslim. Masjid ini tidak hanya terkenal sebagai sebagai tempat beribadah para umat muslim saja, tetapi juga sebagai tempat untuk berinteraksi dengan sesama muslim dan menikmati makanan halal.

Bagi pengunjung non-muslim juga disediakan tur yang diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Di dalam tur tersebut pengunjung dapat memperdalam pengetahuan tentang agama Islam dan masjid, serta melihat langsung tata cara ibadah umat muslim (dilarang mengambil foto).

Pengunjung juga dapat menikmati masakan Turki dan mencari oleh-oleh. Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa tempat ini adalah tempat beribadah sehingga kita sebagai pengunjung tetap harus mematuhi peraturan yang ada dengan baik.

Selain masjid-masjid ini, bandara Haneda dan Narita pun juga telah menyediakan tempat sholat untuk mendukung kenyamanan Anda saat berwisata di Jepang.

Demikianlah kumpulan informasi mengenai pariwisata Jepang yang kami rekomendasikan bagi para wisatawan muslim. Saat ini, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pencarian restoran halal dan masjid di smartphone, seperti “Halal Gourmet Japan”, “Halal Navi – Restaurant Mosque”, dan “HalalMinds”.

Bagi Anda yang merasa khawatir untuk berpergian ke luar negeri dengan alasan kepercayaan, bagaimana jika Anda mencoba menikmati waktu berwisata Anda dengan nyaman di restoran bersertifikat halal dan fasilitas penginapan ramah wisatawan muslim?

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments
Golden Route 6 Hari 5 Malam

Golden Route 6 Hari 5 Malam

Golden Route 6 Hari 5 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments

Related Posts

WhatsApp Support
Start a Conversation
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik salah satu konsultan di bawah ini.