Destinasi Populer Pecinta Kuliner

Destinasi Populer Pecinta Kuliner

Destinasi Populer Pecinta Kuliner

Selain Pantai Kuta, Pantai Jimbaran juga menjadi salah satu destinasi populer di Pulau Bali. Hampir setiap hari kawasan ini dipenuhi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini tak terlepas dari pesona Pantai Jimbaran yang dikelilingi deretan restoran dan kafe untuk wisata kuliner ataupun sekadar tempat nongkrong.

Meski dikenal sebagai pusar kuliner seafood di Bali, Pantai Jimbaran juga menawarkan beragam pesona dan aktivitas lainnya bagi wisatawan. Mulai dari memancing ikan hingga bermain olahraga air, semua bisa kamu coba satu per satu di sini. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Asal-usul Pantai Jimbaran
Penggunaan kata “Jimbaran” berasal dari nama desa tempat pantai ini berada, yakni Desa Jimbaran. Hal ini membuat asal-usul Pantai Jimbaran cukup lekat dengan sejarah dari desa tersebut. Konon, terdapat dua orang saudara bernama Dalem Putih dan Dalem Ireng yang terpisah di hutan belantara.

Keduanya terpisah karena sang ibu harus pergi meninggalkan Dalem Putih untuk membawa Dalem Ireng. Dalem Putih pun diasuh seorang pertapa sakti dan mendapat ilmu tentang pengobatan. Saat Dalem Putih beranjak dewasa, sang pertapa meninggal dunia. Dalem Putih pun memutuskan untuk pergi ke daerah sekitar Uluwatu.

Tak disangka, Dalem Ireng datang ke tempat Dalem Putih. Tanpa tahu nama satu sama lain, mereka terlibat pertengkaran hebat karena kesalahpahaman. Namun saat mengetahui latar belakang kehidupan masing-masing, keduanya berhasil rukun kembali. Meski begitu, mereka tetap melanjutkan kehidupan masing-masing—Dalem Ireng sebagai pengembara dan Dalem Putih yang mengamalkan ilmunya di Uluwatu.

Setelah berpisah, Dalem Putih pun memutuskan untuk membabat hutan di tempat baru yang terletak di sebelah utara Uluwatu. Daerah tersebut sangat luas sehingga diberi nama “Jimbaran”, diambil dari kata “jimbar” yang memiliki arti “luas”. Wilayah inilah yang saat ini menjadi kawasan Pantai Jimbaran.

Setelah mengetahui sejarah asal-usul Pantai Jimbaran, kamu juga perlu tahu daya tarik lain dari pantai ini. Dengan begitu, kamu tak akan melewatkan pesonanya saat berkunjung ke sini. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Pantai umumnya disukai karena memiliki lanskap yang menarik. Keindahan alamnya tak hanya dapat dinikmati pagi dan siang hari, namun juga menjelang senja. Karenanya, tak heran jika banyak pengunjung rela menunggu hingga sore untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Begitu pula di Pantai Jimbaran, keelokan sunset yang membelah langit menjadi warna ungu kemerahan kerap menjadi alasan wisatawan yang berkunjung. Kamu bisa menikmatinya seorang diri, bersama kerabat, ataupun keluarga. Tak jarang, beberapa pasangan juga menggunakan momen ini untuk makan malam romantis.

Untuk urusan kuliner, Bali juga tak kalah seru untuk dijelajahi. Banyaknya pantai di sini menjadikan Bali sebagai sentra kuliner seafood. Salah satunya adalah Pantai Jimbaran, pusat kuliner seafood terlengkap dan terlezat di Pulau Dewata.

Selain menawarkan aneka kuliner seafood, panorama Pantai Jimbaran juga tak boleh kamu anggap remeh. Seluruh restoran dan kafe sekitar pantai menyediakan tempat makan di pesisir pantai. Dengan begitu, kamu dan rombongan dapat mencicipi kuliner sembari menikmati suasana pantai yang indah.

Berbagai hal seru yang bisa dilakukan
Meski dikenal sebagai pantai wisata kuliner, Pantai Jimbaran juga menawarkan berbagai aktivitas seru lainnya. Yuk, ketahui hal apa saja yang bisa dicoba untuk menambah seru kunjunganmu di Pantai Jimbaran.

Belanja hasil laut di pasar ikan
Penduduk di sekitar Pantai Jimbaran memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Setelah menangkap ikan di laut, mereka akan menjualnya di pasar ikan yang berada tak jauh dari Pantai Jimbaran, yakni Pasar Kedonganan. Jarak pasar Kedonganan dari Pantai Jimbaran hanya sejauh 1,5 km dan dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 7 menit.

Kamu bisa datang kapan saja karena pasar ini buka selama 24 jam. Tak hanya ikan segar, kamu pun bisa membeli kerang, kepiting, udang, bahkan lobster. Pasar ini dapat menjadi tempat cocok untuk membeli oleh-oleh berupa ikan segar. Selain itu, konsep tawar-menawar pun masih berlaku di sini. Jadi, cobalah untuk melakukan aktivitas ini agar bisa mendapat harga ramah kantong.

Memancing ikan di tengah laut
Pantai Jimbaran juga menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan aktivitas memancing. Jika lebih suka memancing dari area bibir pantai, area terbaik untuk melakukannya adalah di Jimbaran Bay. Ada pula dua titik memancing lain yang menjadi favorit wisatawan, yakni Kedongan dan di dekat Pura Tegal Wangi. Kerapu, baronang, dan barakuda adalah beberapa jenis ikan yang bisa kamu temui.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memancing di tengah laut dengan menyewa perahu nelayan. Kamu tak perlu khawatir selama di tengah lautan karena akan ada nelayan yang mendampingi. Begitu pun dengan perlengkapan memancing, kamu bisa langsung menyewanya di sekitar Pantai Jimbaran dan Kendonganan.

Mencoba olahraga air
Tak hanya aktivitas memancing ataupun berbelanja ikan di pasar, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas olahraga air di Pantai Jimbaran. Selain berenang, salah satu water sport yang bisa kamu nikmati adalah snorkeling. Kamu dijamin akan takjub saat melihat terumbu karang di sini.

Selain itu, ada pula aktivitas surfing yang bisa kamu coba jika ingin mencoba pengalaman yang lebih menantang. Ombak di Pantai Jimbaran cukup menantang untuk digunakan sebagai tempat berselancar. Untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, kamu bisa membawa perlengkapan sendiri ataupun menyewanya langsung di sana.

Menikmati kuliner di pinggir pantai
Setelah puas berjelajah dan melakukan beragam olahraga air yang cukup seru, kamu bisa beralih ke wisata kuliner untuk mengisi perut. Segera saja singgah saja ke salah satu kafe atau restoran yang ada di tepi Pantai Jimbaran.

Seluruh tempat makan di sini menyajikan spot yang nyaman dengan pemandangan langsung ke laut. Jika tak ingin menikmati seafood di dalam restoran atau kafe, kamu bisa memilih tempat outdoor yang berada langsung di atas pasir pantai. Jadi, kamu bisa menikmati lezatnya seafood sambil merasakan angin pantai yang sejuk.

Lokasi dan akses menuju Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran terletak di Desa Adat Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Dari Bandara Ngurah Rai, kamu perlu menempuh jarak 20 km atau sekitar 40 menit berkendara. Jika berangkat dari Seminyak, kamu bisa mencapai Pantai Jimbaran dengan berkendara sekitar 27 menit melalui rute Jalan Sunset Road – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Ulun Siwi Kuta Selatan – Jalan Pemelisan Agung. Pantai Jimbaran juga bisa dicapai dari kawasan Nusa Dua dengan berkendara selama 19 menit melalui rute Jalan Nusa Dua Resort – Jalan Pratama Raya – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Ulun Siwi – Jalan Pemelisan Agung.

Harga tiket masuk dan jam operasional
Untuk bisa mengunjungi Pantai Jimbaran, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pantai ini juga buka selama 24 jam setiap harinya, sehingga kamu bebas berkunjung kapan pun. Namun jika ingin menikmati sunset di spot terbaik, sebaiknya kamu berkunjung mulai pukul 16:00.

Meski tak harus membayar tiket masuk, sebaiknya kamu tetap membawa uang tunai agar bisa berwisata kuliner seafood di Pantai Jimbaran. Kamu juga bisa menggunakan uang tersebut untuk menyewa peralatan snorkeling atau surfing.

Sangat menyenangkan, bukan? Ternyata kamu tidak hanya bisa nongkrong bersama teman dan keluarga di Pantai Jimbaran, tetapi juga melakukan hal-hal menarik di atas. Segera rencanakan liburanmu dari sekarang agar tidak kehabisan tiket pesawat dan hotel. Jadikan liburan kali ini untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran agar siap menghadapi aktivitas sehari-hari berikutnya!

Bali Tour 4 Hari 3 Malam

Bali Tour 4 Hari 3 Malam

Bali Tour 4 Hari 3 Malam Indah, itulah satu kata untuk Bali. Pulau ini memiliki lanskap alam menakjubkan. Bahkan, sebelum pesawat mendarat, Anda disuguhkan pesona Tol Bali Mandara. Tidak heran, Bali selalu menjadi destinasi utama dalam paket wisata. Bali merupakan pulau yang menyajikan satu paket …

0 comments
Bali Honeymoon 4 Hari 3 Malam

Bali Honeymoon 4 Hari 3 Malam

Bali Honeymoon 4 Hari 3 Malam Setidaknya, ada tiga alasan mengapa banyak wisatawan datang ke Bali untuk melangsungkan pernikahan dan menikmati paket bulan madu. Pertama, Bali memiliki kawasan pantai yang memikat. Pulau ini memiliki puluhan pantai, mulai dari yang ramai seperti Kuta dan Seminyak, hingga …

0 comments

Related Posts

WhatsApp Support
Start a Conversation
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik salah satu konsultan di bawah ini.