Wisata Umat Muslim di Tokyo 1

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Wisata Umat Muslim di Tokyo 1

Jumlah pengunjung Muslim ke Jepang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama di wilayah Tokyo. Tokyo terus berbenah dalam setiap aspek untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo di tahun 2020 mendatang. Misalnya dengan meningkatkan jumlah restoran halal dan masjid karena adanya peningkatan kebutuhan fasilitas bagi pengunjung Muslim.

Tokyo adalah kota yang memiliki masjid dan musala terbanyak bagi umat Islam di Jepang. Namun, sebagian besar masjid di Tokyo terletak relatif jauh dari daerah wisata utama. Pembangunan masjid-masjid tersebut sering diutamakan hanya untuk penggunaan sehari-hari masyarakat muslim setempat.

Bangunan masjid biasanya terletak di dalam area pemukiman penduduk, dan untuk mencapainya memerlukan banyak waktu yang harus ditempuh dari sebagian besar tempat wisata di Tokyo. Untuk kenyamanan Anda, kami telah mengumpulkan daftar 5 masjid di wilayah Tokyo yang terletak dekat tempat wisata.

1. Masjid Okachimachi As-Salaam, Ueno

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Masjid ini berjarak 11 menit dari Stasiun Ueno dengan berjalan kaki dan sangat mudah diakses dari banyak tempat wisata di sekitar Ueno. Yayasan As-Salaam adalah pihak yang berperan dalam hal pembangunan dan pemeliharaan masjid ini.

Masing-masing lantai pada masjid memiliki kegunaan atau fungsi tersendiri. Di lantai pertama terdapat Pusat Komunitas, yaitu tempat yang digunakan sebagai perhelatan pertemuan mingguan untuk melakukan berbagai kegiatan dalam komunitas muslim lokal.

Lantai atas berfungsi sebagai ruang ibadah untuk para pengunjung dan komunitas muslim lokal. Di dalam bangunan masjid, ada juga perpustakaan dan ruang belajar dengan berbagai koleksi buku-buku Islam.

Masjid Okamachi As-Salaam
4 Chome-6-7 Taito-ku, Tokyo-to
Nomor telepon: 03-5812-4101
Jam buka: bisa dikunjungi untuk shalat 5 waktu
6 menit berjalan kaki dari pintu keluar bagian selatan Stasiun Okamachi jalur JR

2. Masjid Darul Arqam, Asakusa

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Asakusa bisa dibilang sebagai salah satu daerah wisata paling populer di Tokyo, bahkan bagi kalangan pengunjung muslim. Hal tersebut tidaklah aneh, karena daerah Asakusa mencakup beberapa tempat wisata yang paling terkenal di Jepang, seperti Kuil Sensoji Asakusa dan Tokyo Skytree, menara ternama yang dapat terlihat dari Asakusa.

Akan tetapi, mayoritas pengunjung muslim yang datang ke Asakusa mungkin tidak menyadari bahwa di Asakusa ada sebuah masjid bernama Masjid Darul Arqam yang bisa diakses dengan berjalan kaki dari Kuil Sensoji Asakusa.

Masjid 4 tingkat ini memiliki perpustakaan di lantai dasar yang berfungsi sebagai pusat komunitas muslim di wilayah Asakusa. Masjid ini didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari proyek pembangunan masjid yang dilakukan oleh Islamic Circle of Japan, salah satu organisasi Islam terkenal di Jepang.

Masjid Darul Arqam
1 Chome-9-12, Higashi Asakusa, Taito-ku, Tokyo-to
Nomor telepon: 03-3871-6061
Jam buka: bisa dikunjungi untuk shalat 5 waktu
13 menit berjalan kaki dari Stasiun Asakusa jalur Ginza

3. Masjid Otsuka, Ikebukuro

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Masjid Otsuka didirikan untuk mengakomodasi anggota masyarakat muslim yang tinggal di pusat Tokyo dan dikelola di bawah pengawasan Japan Islamic Trust. Selama tahun 1970-1980, fasilitas keagamaan bagi umat Islam yang tinggal di pusat Tokyo sangat sedikit dan masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Masjid Otsuka resmi dibuka untuk umum pada 4 Februari 2000 dan masih aktif menjalankan aktivitas sebagai pusat kegiatan Muslim seperti seminar, kajian Islam, dan kelas bahasa Arab.

Masjid Otsuka
3 Chome-42-7 Minami Otsuka, Toshima-ku, Tokyo-to
Nomor telepon: 03-3971-5631
Jam buka: bisa dikunjungi untuk shalat 5 waktu
3 menit berjalan kaki dari Stasiun Otsuka jalur JR

4. Masjid Hiro, Roppongi

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Masjid Hiro terletak di daerah Roppongi Hills, Minato. Ini adalah bagian dari Gedung Arabic Islamic Institute, sebuah bangunan budaya Islam yang terletak di distrik paling beragam dan global di Tokyo. Bukan hanya sekadar pembentukan agama, Arabic Islamic Institue Tokyo adalah pusat kebudayaan Arab di Tokyo.

Selain memenuhi kebutuhan ruang ibadah melalui pembentukan Masjid Hiro bagi komunitas Muslim, masjid ini juga berperan dalam menyebarkan pemahaman budaya Arab di Tokyo. Misalnya adalah dengan mengadakan sekolah budaya dan bahasa Arab, yang terletak di gedung yang sama.

Masjid Hiro
3 Chome-4-18 Motoazabu, Minato-ku, Tokyo-to
Nomor telepon: 03-3404-6622
Jam buka: bisa dikunjungi untuk shalat 5 waktu
10 menit berjalan kaki dari Stasiun Roppongi jalur Hibiya

5. Masjid Tokyo Camii, Shibuya

Wisata Umat Muslim di Tokyo

Masjid Camii adalah masjid terbesar di Jepang dan terletak di pusat distrik Shibuya. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses dari banyak tempat wisata utama di sekitar pusat Tokyo seperti Shibuya, Harajuku, Shimokitazawa, dan lainnya. Masjid Tokyo Camii juga memiliki layanan sebagai pusat budaya Turki. Hal tersebut dibangun oleh komunitas imigran Turki dari Kazan-Rusia pada tahun 1938. Masjid Camii bukan hanya masjid terbesar di Jepang, namun bisa dibilang juga sebagai majid yang paling indah.

Desain masjid-masjid yang ada di Jepang mungkin tidak seperti desain masjid umat Islam pada umumnya. Alasannya adalah bahwa sebagian besar dari masjid-masjid tersebut dibangun di dalam bangunan apartemen Jepang yang membaur dengan daerah pemukiman sekitar. Untungnya, Masjid Tokyo Camii memiliki desain yang familiar bagi kebanyakan umat Islam. Desain Masjid Tokyo Camii sangat dipengaruhi oleh arsitektur Ottoman yang mengingatkan pada “Masjid Biru” yang terkenal di Turki, dengan kubah besar dan menara tinggi.

Bagi seluruh masyarakat muslim yang berkunjung ke Jepang, Anda tidak perlu lagi takut melewatkan waktu shalat selama kunjungan ke Tokyo. Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu masjid ini, baik untuk shalat dan juga sebagai bagian dari perjalanan Anda di Jepang.

Masjid Camii
1-19 Oyama-cho, Shibuya-ku, Tokyo-to
Nomor telepon: 03-5790-0760
Jam buka: bisa dikunjungi untuk shalat 5 waktu
5 menit berjalan kaki dari Stasiun Yoyogi Uehara jalur Odakyu

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments
Tokyo Mt. Fuji 4 Hari 3 Malam

Tokyo Mt. Fuji 4 Hari 3 Malam

Tokyo Mt. Fuji 4 Hari 3 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno …

0 comments

Related Posts

WhatsApp Support
Start a Conversation
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik salah satu konsultan di bawah ini.