5 Pasar Terkenal di Jepang

5 Pasar Terkenal di Jepang

5 Pasar Terkenal di Jepang

Jepang merupakan negara dengan banyak destinasi menarik untuk liburan. Salah satunya pasar tradisional yang bisa kamu masukkan ke list liburan. Selain harganya yang lebih murah daripada mall, di pasar tradisional ini kamu bisa menemukan banyak jenis souvenir, jajanan, makanan tradisional dll. Tak jarang para travelers berkunjung ke pasar tradisional untuk berbelanja oleh-oleh. Berikut pasar tradisional Jepang yang bisa jadi destinasi kamu.

1. Pasar Nishiki, Kyoto.
Pasar Nishiki adalah sebuah distrik perbelanjaan di Kyoto Nakagyo-ku. Dalam era ketika kulkas tidak ada di Kyoto, air tanah yang melimpah di sekitar Nishiki Market digunakan dan sumur digali untuk mengawetkan ikan. Karena sistem ini menjaga ikan, dari periode Heian (794-1192), banyak toko memberikan ikan ke Imperial Palace berkumpul di sini, dan pada periode Edo (1603-1867), telah berkembang menjadi pasar ikan yang rame. Ini adalah awal dari pasar Nishiki.

Pada tahun 1927, daerah pusat pasar Kyoto dibuka dan banyak toko-toko ikan pindah lokasi dari pasar Nishiki. Saat ini, lebih dari 120 toko yang menjual berbagai macam barang dan garis makanan Nishikikoji-dori Street dan itu selalu ramai dengan penduduk setempat dan wisatawan.

Pasar ini terkenal dengan fresh seafood. Mulai dari Unagi, Baby Octopus atau yang terkenal dengan nama Tako-Tamago. Selain itu, juga banyak makanan tradisional lain seperti Tofu Donut, Yakitori, Mochi dll yang semuanya dibuat buat fresh setiap harinya.

Pasar Nishiki pun menjadi area perbelanjaan yang juga difungsikan sebagai area wisata. Pengunjung dapat menjumpai aneka makanan khas Kyoto di Pasar Nishiki. Aneka makanan tradisional, camilan, hingga makanan modern dengan beragam tampilan begitu menggoda. Kemasannya pun sangat cantik dan lucu, diimbangi dengan harga yang terjangkau.

2. Pasar Ameyoko, Tokyo.
Bagi penyuka belanja, satu lagi shopping street yang dapat dijadikan destinasi selanjutnya adalah Ameya Yokocho. Ameya Yokocho atau biasa disebut dengan Ameyoko ini merupakan shopping street yang berlokasi di antara Okachimachi dan Ueno. Ameyoko merupakan rute yang dilewati oleh JR Yamanote Line, sehingga pemegang Japan Rail Pass bisa lebih berhemat.

Pelbagai barang dapat kamu jumpai di Ameyoko seperti permen, makanan, kue tradisional, pakaian, kosmetik, dan kebutuhan rumah tangga. Sepanjang jalan, kios-kios mini ini akan membuat kamu ‘gemes’ ingin memborong semuanya. Bahkan barang-barang yang diimpor dari Amerika juga banyak ditemukan. Dulunya, area ini merupakan pasar gelap produk-produk Amerika selama Perang Dunia II berlangsung. Pantas saja area ini dinamai Ameyoko, Ame yang berarti Amerika dan Yokocho atau valley.

Sebenarnya, shopping street di jalanan sempit dengan sejarah panjang banyak sekali ditemukan di Jepang. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan asing, area perbelanjaan yang terkesan lebih membumi dengan harga miring. Bisa banget untuk belanja oleh-oleh atau mencicipi makanan kaki lima.

3. Pasar Kuromon Ichiba, Osaka.
Di Osaka, Pasar Kuromon adalah “gudang bahan makanan” karena terdapat kurang lebih 180 kios yang setengahnya adalah kios ikan dan produk laut segar. Selain itu, ada juga kios sayur, buah, bahan makanan kering, bahkan supermarket. Intinya, kamu pasti bisa mendapatkan bahan makanan yang lezat dan berkualitas bila datang ke pasar ini.

Pasar Kuromon terkenal dengan ikan fugu-nya yang lezat. Ikan fugu atau ikan buntal ini dikenal sebagai ikan kelas atas di Jepang. 60% ikan fugu di Jepang dikonsumsi dan dimonopoli oleh Osaka. Bila kamu tanya pada orang-orang Osaka mengenai tempat untuk membeli ikan fugu, maka Pasar Kuromon pasti ada di daftar utama tempat tersebut.

Selain ikan fugu, masih banyak seafood segar lain yang dijual di sini. kamu dapat menikmati cumi-cumi bakar beraroma menggoda yang ditusuk seperti sate sembari berjalan-jalan melihat-lihat pasar. Ada juga kerang remis bakar yang menggoda selera. Semua seafood yang dijual di sini segar-segar, jadi silakan pilih yang kamu suka. kamu tinggal menunjukkan seafood mana yang kamu inginkan, maka pemilik kios akan memanggangnya untuk kamu.

4. Pasar Tsukiji, Tokyo.
Pasar Tsukiji dinobatkan sebagai pasar ikan terbesar dan terbersih di dunia. Pasar Tsukiji berada di Distrik Tsukiji, Tokyo, Jepang. Pasar yang satu ini merupakan pasar grosir yang menjajakan aneka hasil pertanian dan hasil laut. Rasanya mustahil untuk mendatangi tiap kios yang ada saking luasnya saat tour ke Jepang.

Sejarahnya, Pasar Tsukiji diresmikan pada tanggal 2 Februari 1935 dan menjadi pusat pasar ikan di Jepang. Tak hanya menjadi pasar terbesar, Pasar Tsukiji juga menjadi pasar grosir tertua di Jepang. Pantas saja jika Pasar Tsukiji menjadi destinasi wisata Jepang yang tak pernah sepi karena telah memiliki sejarah panjang.

Karena mudah mendapatkan bahan seafood segar, banyak kedai sushi dan sashimi terkenal yang buka di dekat area pasar ini. Tempat ini tidak hanya penuh dengan masakan seafood saja, tapi banyak juga kedai yang menyediakan berbagai jenis masakan lain untuk memuaskan para pelanggannya.

5. Pasar Nijo, Sapporo.
Pasar Ikan Nijo adalah pasar bersejarah yang terkenal bagi warga Sapporo dan sekarang menjadi tempat yang populer bagi wisatawan untuk membeli ikan segar sebagai oleh-oleh. Kepiting dan salmon yang ditangkap di Hokkaido tersedia dan ada banyak tempat untuk membeli kerang juga, dan kamu selalu dapat mendengar teriakan para penjual ikan yang bersemangat. Saat ini, di samping sekitar 30 toko-toko khusus ada sejumlah besar restoran seafood (makanan laut), dan telah dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai sebuah tempat gourmet di Sapporo.

Pasar telah ada sekitar 100 tahun yang lalu dan dikatakan bahwa pada tahun 1903 penjual ikan mulai berjualan di jalanan di tempat ini. Sampai Perang Dunia II, ikan adalah item utama yang dijual, tetapi baru-baru ada toko yang menyediakan sayuran, daging, dan gula-gula.

Di bagian trotoar dari pasar terdapat arcade dan kamu dapat pergi berbelanja tanpa khawatir akan kaki kamu bahkan pada hari-hari bersalju. Tempat ini pada dasarnya adalah pasar, jadi banyak toko-toko yang buka pagi-pagi sekali sampai larut malam, tetapi jika kamu ke sini untuk belanja maka waktu terbaik untuk kamu adalah datang di pagi hari. Asyik! Jadi mau kemana dulu nih?

Golden Route 6 Hari 5 Malam

Golden Route 6 Hari 5 Malam

Golden Route 6 Hari 5 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments
Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam

Japan Experience 7 Hari 6 Malam Sebagai prefektur terbesar di Jepang yang juga menjadi ibu kota dari Negeri Matahari Terbit, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit turis untuk merasakan pengalaman mengenakan Kimono, menikmati hidangan khas Jepang, mengunjungi beberapa taman bermain, serta melihat kuil-kuil kuno megah …

0 comments

Related Posts

WhatsApp Support
Start a Conversation
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik salah satu konsultan di bawah ini.